Selasa, 24 Januari 2017

(BAB 1) PENDAHULUAN - DESAIN PEMODELAN GRAFIK

Pendahuluan

1.1 Chart
Menurut wikipedia, chart adalah sejenis informasi den-gan visual yang mewakili data numerik dan/atau fungsi.Chart biasa dipakai agar data dalam kuantitas besar bisalebih mudah dimengerti, serta hubungan antara bagiandata yang berbeda bisa lebih jelas dilihat. Chart biasanya bisa dibaca lebih mudah dan cepat ketimbang membaca data yang masih mentah atau masih dalam tabel.

1.1.1 Pengenalan Chart
Pengaturan Data
Sebelum membuat chart, kita wajib mengetahui bagaimana cara mengatur atau meletakkan data di worksheet. Karena kalau tidak sesuai, chart yang akan kita hasilkan menjadi berantakan. Untuk jenis chart yang sudah umum seperti area dan bar, kita dapat mengatur data secara sederhana pada baris dan kolom di worksheet. tetapi untuk jenis chart sepert pie dan bubble, dibutuhkan pengaturan data tersendiri.

Media pembelajaran banyak jenisnya dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. penggunaan media harus ditentukan jenisnya berdasarkan jenis materi pelajaran yang akan diajarkan. salah satu jenis media yang dianggap efektif digunakan adalah media chart. Penggunaan media pembelajaran dalam bentuk chart akan memudahkan penyampaian pesan yang biasanya dirubah dalam bentuk ringkasan visual suatu proses, perkembangan atau berupa gambar yang dapat memperjelas suatu konsep. Penggunaan medi achart akan menguraikan secara jelas garis besar atau tahapan-tahapan dari suatu proses dan menyajikannya sekaligus pada satu konsep.

Berdasarkan bentuk chart dibedakan menjadi bagan pohon (tree chart), bagan arus lurus ( ow chart), bagan arus bercabang (stream chart) dan bagan garis waktu (timeline chart) (Sadiman, 2002). Penggunaan ow chart akan menguraikan secara rinci berdasarkan tahapan dari suatu proses, misalnya untuk jaringan atau koneksi internet atau elearning pendidikan. Sementara untuk penggunaan stream chart adalah untuk menguraikan bagian-bagian dari konsep tertentu yang akan di ajarkan. Sementara untuk menguraikan tahapan suatu proses yang terikat oleh waktu maka lebih banyak digunakan time line chart.
Bagaimana menggunakan media chart dalam pembelajaran tentu guru sudah haru menetapkan konsep yang akan di ajarkan. Jika untuk mata pelajaran Biologi dapat menggunakan three chart untuk menggambarkan sistem respirasi manusia atau sistem pernapasan manusia, sementara untuk hubungan simiosis mutualisme dapat pula menggunakan media pembelajaran Media streem chart.Demikian juga halnya dengan pembelajaran sejarah dapat menggunakan media timeline chart untuk mengetahui fase sejarah tertentu atau menggunakan flowchart untuk mengetahui silsilah dari tokoh tertentu. Penggunaan ini akan sangat membantu guru dan siswa dalam menguraikan atau memahami materi.