Selasa, 15 Maret 2016

View Engine Razor Pada MVC 3.0

 Apa itu View Engine ?

   View Engine adalah sebuah code untuk membuat halaman web yang dinamis yang menampilkan data dari database,bisa dibilang code ini merupakan code dari server-side yang berguna untuk merespon request dari user pada client-side. nah maka dari itu View Engine dibutuhkan untuk menterjemahkan code pembuatan server-side pada View.
  View Engine Razor merupakan view engine keluaran terbaru dari microsoft. View Engine ini diperkenalkan pertama kali pada MVC 3.0 pada versi MVC sebelumnya hanya terdapat View Engine ASPX saja.
Ciri-ciri dari View Engine Razor adalah:

1. Format halamannya di buat dalam .cshtml , berbeda dengan View Engine sebelumnya  yaitu ASPX yang memiliki format .aspx. 
2. Format penulisan sintaknya lebih sederhana. contohnya:


Gambar 1. View Engine ASPX.

Gambar 2. View Engine Razor.
dari gambar diatas terlihat bahwa view engine Razor lebih mudah dalam penulisan codenya ,dengan menghilangkan tanda pemisah dari setiap statement .
3. View Engine Razor ini sangat mudah untuk dipelajari.
4. Dapat dijalankan di berbagai teks editor jadi flexibilitasnya tinggi.

untuk web programmer pemula/mahasiswa yang ingin mencoba web programming mungkin akan lebih mudah jika menggunakan View Engine ini daripada harus menggunakan View Engine ASPX. seiring dengan perkembangan dalam dunia web programming maka akan lebih simple dan memudahkan kita untuk mendesign web yang bagus.

Sekian review tentang View Engine Razor MVC 3.0 , semoga info yang saya berikan bermanfaat ,
Terima Kasih :)